Revolusi Mental Ala Mbah Gimun

Arti Revolusi Mental

Menurut bahasa Revolusi adalah perubahan sosial dan kebudayaan yang berlangsung secara cepat dan menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat.

Sedangkan Mental bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga: bukan hanya pembangunan fisik yg diperhatikan, melainkan juga pembangunan.

Kalau dalam arti bahasa jawa Mental adalah berbalik arah, terpental, terpelanting

Sehingga menurut saya penggabungan kata dari revolusi mental berarti perubahan sosial secara cepat pada watak manusia. Jika hal ini berkaitan dengan Indonesia tentu akan mengarah pada sebuah gerakan perubahan pada moral Indonesia.

Saya coba cari artikel awal mula kata “Revolusi Mental”.  eh ternyata kata orang sebelah sono ini awal mula digunakan oleh Bapak Sosialis Dunia Karl Marx dalam bukunya The Comunist Manifesto. Walaupun ada artikel dengan judul yang sama, banyak yang klaim ini tulisan pak Jowoki tapi nyatanya sebelum beliau menulis ternyata ada tulisan serupa tulisan seorang Romo (baca, pendeta). Ketika para petinggi politik mempermasalah tulisan Bapak jokowi, dan ternyata Bpk Jokowi mengaku kalau itu bukan tulisannya tapi tulisan tim suksesnya.

Tapi nyatanya dalam kaedah jawa saya bahwa revolusi mental (suku me dibaca seperti kata MERANA)  itu mengandung arti perubahan masyarakat yang terbalik dan tumpul. Karena perubahan yang diusung hanya bersifat politis tanpa melihat aspek sosial masyarakat. Dan revolusi mental tidak cocok untuk kepribadian saya karena akar kata revolusi sendiri bukan dari Indonesia hehehe apalagi repolusi mental

Ya sudahlah saya pribadi g butuh namanya revolusi mental, yang saya butuhkan cuma satu kunjungi facebook ane nih ya https://www.facebook.com/SangMotivatorGimunGibarat hehehe :p

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis