close

Bolehkah Wanita Bekerja?

Ada polemik sebagian orang yg belajar agama, mereka memutlakkan kalau wanita tidak boleh bekerja, padahal Islam membolehkan mereka bekerja d...

Ada polemik sebagian orang yg belajar agama, mereka memutlakkan kalau wanita tidak boleh bekerja, padahal Islam membolehkan mereka bekerja dengan syarat-syarat tertentu semisal terhindar dari ikhtilat, atas ridho suami dll.. berikut ini diskusi yang saya ikuti di PM Fatwa:

Assalamu'alaikum ustadz, mohon nasihatnya

Ada seorang akhwat, lulusan teknik dari salah satu universitas terkenal, berasal dari keluarga yang tergolong mampu, belum bekerja, dan belum menikah. Orang tuanya ingin ia bekerja dan sukses berkarir, jadi ia tetap melamar kerja untuk menyenangkan hati orang tuanya, tetapi sebenarnya ia tidak ingin bekerja, ia ingin tetap di rumah dan lebih fokus belajar agama, karena ia merasa sangat bodoh dalam urusan agama dan ingin mempersiapkan diri menjadi seorang istri dan ibu rumah tangga.

Pertanyaannya, apakah salah sikap akhwat ini yang tidak ingin bekerja? Karena orang tuanya kesal dengan sikapnya yang selama tiga bulan ini kerjaannya hanya baca buku agama, mendengarkan kajian, datang kajian, dan bantu-bantu orang tua, sedangkan orang tuanya ingin ia lebih serius mencari kerja.

Apakah salah sikap akhwat ini karena menyia-nyiakan ilmu tekniknya yang selama ini ia tekuni?

Tanggapan dari member milis:

1. Fulan: Berwirausaha saja bu.. Lakukan usaha yg bisa dilakukan d rumah.. Semisal jual on line dsb..
2. Fulan: yaa , bisnis online saja. coba cari mentornya.
mungkin bisa buka toko online dan melakukan kerjasama , dimana partnernya tersebut yg lebih dominan dlm menjalani bisnis. untuk melunakkan hati ortu.

Ada bbrp riwayat shahih bahwa para shahabiyat bekerja membantu perekonomian suaminya. tanpa melalaikan hak-hak Allah tentunya.

==
Tambahan dari saya, tidak ada halangan wanita untuk tidak bekerja..karena Ibunda Zainab binti Jahsy istri nabipun juga bekerja sebagai penjahit lihat kisahnya di:

http://kisahmuslim.com/zainab-wanita-yang-dinikahkan-langsung-oleh-allah/

Tapi yg jelas kerjanya ditimbang dulu baik buruknya..

Atau lebih amannya nikah dengan pria mapan hehehe

COMMENTS

Name

Agama Bantahan Coretan Ekonomi Facebook Gombal Humor Info Internet Isu Jowo Kajian Kisah Kontroversial Melo Motivasi Online Pilihan Politik Puisi Review Sosial Toko Online
false
ltr
item
Mbah Gimun: Bolehkah Wanita Bekerja?
Bolehkah Wanita Bekerja?
Mbah Gimun
http://mbahgimun.blogspot.com/2015/02/bolehkah-wanita-bekerja.html
http://mbahgimun.blogspot.com/
http://mbahgimun.blogspot.com/
http://mbahgimun.blogspot.com/2015/02/bolehkah-wanita-bekerja.html
true
5538279650153137387
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy