Kenapa Nabi Bershalawat dan Syahadat untuk Dirinya Sendiri?

Assalamu'alaikum, hari ini saya tidur tidak nyenyak karena dibangunin sama nyamuk-nyamuk. Tiba-tiba HAPE saya berbunyi, siapa nih belum ...

Assalamu'alaikum, hari ini saya tidur tidak nyenyak karena dibangunin sama nyamuk-nyamuk. Tiba-tiba HAPE saya berbunyi, siapa nih belum subuh dah kirim2 pesan. Tak tahunya dari group yang saya ikuti. Seorang teman mengirim pesan sebuah pertanyaan dari para jasmev pendukung jokowi. Pertanyaan seperti ini:

Mohon pencerahaannya lur untuk bahan diskusi,
Kita melaksanakan shalatkan itu sesuai tuntunan nabi Muhammad SAW..dalam bacaan shalat ada dua kalimat syahadat...Nabi Muhammad pun membaca hal tersebut..yg artinya saya bersaksi tiada tuhan selain Allah nabi muhammad utusan Allah..logis atau tidak seseorang itu bersaksi atas nama dirinya sendiri..
Sekian Matur Suwun

Sekian lama saya pentelengi pesan ini, antara jawab atau tidak..sebenarnya agak males menanggapinya. Karena pertanyaan ini seperti orang awam membenturkan agama dan logika...ya kalau dilihat dari pertanyaannya sih seperti meragukan islam karena menurutnya tidak logis..iya enggak. Walaupun isinya mengajak diskusi..kalaupun dituruti untuk menjawab dg dalil pasti disanggah dengan  dg "kelogisan"

Lalu bagaimana dong?

Sebelum menjawab itu..mari kita kembalikan dl pondasi kita dalam Agama ini dg sebuah pertanyaan ringan.

Seseorang dalam menjalankan Islam mengikuti apa?

Logika atau dalil?

Tentu orang Islam baik dulu dan sekarang akan menjawab mengikuti dalil Al-Quran dan Sunnah walaupun secara logika tidak masuk Akal.

Dalam AlQuran dijelaskan:

فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا

“Jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS. An Nisa: 59).

 Dari ‘Ali radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

لَوْ كَانَ الدِّينُ بِالرَّأْىِ لَكَانَ أَسْفَلُ الْخُفِّ أَوْلَى بِالْمَسْحِ مِنْ أَعْلاَهُ وَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَمْسَحُ عَلَى ظَاهِرِ خُفَّيْهِ

“Seandainya agama dengan logika, maka tentu bagian bawah khuf (sepatu) lebih pantas untuk diusap daripada atasnya. Sungguh aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengusap bagian atas khufnya (sepatunya).” (HR. Abu Daud)

Perkataan diatas adalah sebuah penjelasan gamblang tentang logika beragama. Karena apa, dalam ajaran Nabi ada bagian wudhu yg diperbolehkan membasuh sepatu (khuf). Dalam tuntunannya yg dibasuh kenapa kok bagian atas, dan tidak bagian bawah sepatu yang kotor.

Dalil dari perkataan Ali radhillahu 'anhu diatas semoga tidak membingungkan buat yg masih awam belajar agama Islam, lebih-lebih orang  semodel penanya diatas. Takutnya malah kaget.."loh kok ada ajaran basuh sepatu segala, padahal disekolah g diajarin."

Lantas Kenapa Nabi Kok Syahadat dan Shalawat untuk Dirinya Sendiri?

Kaidah dasar dalam sebuah Ibadah sebagaimana dalam penjelasan Ibnu Daqiq Al ‘Ied Asy Syafi'i

لِأَنَّ الْغَالِبَ عَلَى الْعِبَادَاتِ التَّعَبُّدُ ، وَمَأْخَذُهَا التَّوْقِيفُ

“Umumnya ibadah adalah ta’abbud (beribadah pada Allah). Dan patokannya adalah dengan melihat dalil”.

Sehingga ibadah-ibadah wajib harus sesuai dg tuntunan. Shalat misalnya; harus sesuai dalil baik jumlah, bacaaan wajib, dan waktu. Shubuh 2 rakaat, dzuhur 4 rakaat, ashar 4 rakaat, maghrib 3 rakaat, isya' 4 rakaat. Diluar jumlah itu tentu tidak sah shalatnya.

kalau orang menuruti logika, tentu akan bertanya seperti ini:

"Loh kok shalat shubuh 2 rakaat, kenapa tidak 4 rakaat atau 6 rakaat saja ya?"

Maka dari itu ibadah yg benar adalah sesuai dalil bukan pakai logika..karena logika kadang tidak bisa mencerna dan menjangkau dari apa yg diperintahkan oleh Allah dan rasulnya.

Kenapa Nabi Syahadat dan Bershalawat?

Kaidah yang berlaku, bahwa perintah untuk Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berlaku juga untuk orang yang beriman dan dirinya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَإِنَّ اللَّهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِينَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِينَ

Allah memerintahkan orang yang beriman sebagaimana yang Dia perintahkan kepada para rasul. (HR. Ahmad 8570 dan Muslim 2393)

Jadi tidak ada yang aneh jika Nabi syahadat dan bershalawat untuk dirinya sendiri. Lagian beliau shallallahu 'alaihi wa sallam adalah uswah untuk memberi contoh (tulodho becik) kepada umatnya. Dengan kata lain beliau mengisyaratkat inilah shahadat dan shalawat yang benar...

Dan  Nabi bersaksi atas namanya sendiri sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعاً الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لا إِلَهَ إِلاَّ هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

“Katakanlah (wahai Muhammad): “Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk“” (QS. Al A’raf: 158).

Sumpah/Persaksian Sebagai Penguat

Syahadat sebagai pondasi pokok dalam Islam, dimana seorang muslim bersumpah dan bersaksi tiada Illah yang berhak disembah kecuali Allah, dan Muhammad adalah utusan Allah.

Kalau secara AQLI, kita akan melihat dalam pengangkatan PNS di Indonesia didapati adanya sumpah. Sumpah ini sebagai bukti pertanggungjawaban untuk menjaga Amanah, Isi sumpahnya sebagai berikut:

Demi Allah, saya bersumpah/berjanji .
Bahwa saya, untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undanq-Undang Dasar 1945, Negara, dan Pemerintah...
[Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1975 tentang Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil]

Lihat nukilan diatas yang saya tebali..seorang yang diangkat menjadi PNS harus bersumpah dg menyebutkan diri sendiri dg kata ganti SAYA. Belum lagi sumpah-sumpah jabatan presiden, menteri, gubernur dll.. mereka dipaksa untuk bersumpah dg kata ganti SAYA.  [Silahkan download di google]

Lebih-lebih sumpah persaksian untuk Nabi Muhammad sendiri. Jadi tidak ada yg aneh jika Nabi syahadat untuk dirinya sendiri.

Kemudian mengenai pertanyaan seperti ini:

Nabi Muhammad pun membaca hal tersebut..yg artinya saya bersaksi tiada tuhan selain Allah nabi muhammad utusan Allah..logis atau tidak seseorang itu bersaksi atas nama dirinya sendiri..

Kita akan kembalikan pertanyaan itu kepadanya menjadi,

Logis tidak Pak Presiden bersumpah dan bersaksi atas dirinya sendiri?

Apalagi sumpah itu banyak yang diingkari waktu kampanye?

hater gonna hate funny


COMMENTS

Name

Agama Bantahan Coretan Ekonomi Facebook Gombal Humor Info Internet Isu Jowo Kajian Kisah Kontroversial Melo Motivasi Online Pilihan Politik Puisi Review Sosial Toko Online
false
ltr
item
Mbah Gimun: Kenapa Nabi Bershalawat dan Syahadat untuk Dirinya Sendiri?
Kenapa Nabi Bershalawat dan Syahadat untuk Dirinya Sendiri?
http://4.bp.blogspot.com/-hnppg-PFzDo/Vf30olrV_YI/AAAAAAAAGP8/02R9pGT-q-I/s1600/hater%2Bgonna%2Bhate%2Bfunny.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-hnppg-PFzDo/Vf30olrV_YI/AAAAAAAAGP8/02R9pGT-q-I/s72-c/hater%2Bgonna%2Bhate%2Bfunny.jpg
Mbah Gimun
http://mbahgimun.blogspot.com/2015/09/kenapa-nabi-bershalawat-dan-syahadat.html
http://mbahgimun.blogspot.com/
http://mbahgimun.blogspot.com/
http://mbahgimun.blogspot.com/2015/09/kenapa-nabi-bershalawat-dan-syahadat.html
true
5538279650153137387
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy