Nasib Bahasa Jawa dan Bahasa Arab Hampir Sama, Ditinggalkan!!

Nasib bahasa Arab Fusha di timur tengah tidak lebih daripada nasib bahasa jawa kromo inggil di jawa

Di yogya sini, tetangga saya anak remaja dan dibawahnya bahasa jawanya lebih kasar lagi dan andab ashornya kurang.

Kalau di kampung saya jawa timur anak kecil ngomong ke pemuda dengan kata ganti "sampean", disini banyak memanggil "kwe"

Alih-alih bahasa jawa alus, kebanyakan sudah menggunakan bahasa Indonesia walaupun sukunya jawa. Akhirnya sayapun ikut-ikutan bahasa Indonesia sampai terbawa-bawa mudik kemarin. Jelas malu sama keluarga dan tetangga kampung, merantau ke pusat peradaban jawa, malah hilang jawanya..

Pun sama huruf jawa (ho no co ro ko...) tidak ada yang hapal termasuk saya :v

Oh.. nasibnya sama dengan bahasa Arab fusha, di arab sana masyarakatnya lebih memilih memakai bahasa 'Amiyah.



==

Artikel diatas saya ambil di status facebook saya, dan ternyata banyak banget respon kawan-kawan,

Jhon Bin Yusuf Leres kang mas.. kulo nggih ngagem basa indonesia menawi kepanggeh njenengan..
Amargi kamusipun mboten dibetho.. 😂😂

Hanik Mulyono Memasukkan kurikulum satu hari penuh berbahasa jawa di setiap sekolahan mungkin sangat membantu.
Mugi Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwum midangetaken.

Abufadhilah Chafidz Alhamdulillah.. Saya masih hafal dan bisa nulis huruf honocoroko.. Didikan langsung orang tua klo ini.. Hehehe

Nur Hidayah Saya sempat 2 taun di yogya.

Mmng secara tingkatan, "sampeyan" lebih tinggi daripada "kowe".

Tp secara keumuman pemakaian, kowe lebih berasa dekat, dan dipakai dgn begitu ny (?)...
bahkan sy kaget ketika teman sy manggil kowe kpd bapakny.

Secara rasa bahasa, mmng ketika sy merasa men(Jogja)..., ketika ada yg berkata "sampeyan...", maka berasa agak jauh dan sdh bisa langsung dirasa pembicaranya bukan org Jogja.

Secara yg sy tau, utk mnghormati org, lbh bnyk digunakan kt "Njenengan" drpd sampeyan.

# wallahu'alam

Jhon Bin Yusuf Njenengan buat ke org tua atau org yg kita hormati/krama
Kowe seumuran atau dibawah nya dlm bahasa ngoko.. atau kasar/sehari2

Muhammad Ali Sadakah Surabaya juga. Tiap sama orang tua, dan seumuran, saya paksakan diri utk manggil jennengan. Di sini pake awakmu. Tapi sa

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis