Membersihkan Virus Tanpa Install Ulang

Membersihakan Virus Tanpa Install Ulang - Tempo hari saya telah sedikit menyinggung masalah virus. Tapi sejujurnya saya bukan ahli dalam IT, untuk edit html template dari blog ini saja masih belum bisa. Tapi ini sekedar sharing pengalaman saja kok, apa yang saya tahu. Jika diantara sobat lebih tahu, kasih masukan saja di komentar ^_^.

Ok, kita lanjut pembahasan kita masalah virus. Tentunya sobat akrab dengan kata ini, virus tidak berarti menyerang tubuh makhluk hidup, tetapi perangkat komputer Andapun juga bisa terjangkiti virus. Tapi bedalah jenis virusnya. Ehm ngomong-ngomong sobat bloger pernah dengar enggak aplikasi yang bernama “Internet Scurity” atau jangan-jangan belum tahu hehehehe… soalnya notebook acer ane sering kena virus ini. kalau belum tahu silahkan lihat gambar di bawah ini;
Anti Virus Gadungan
Kayaknya aplikasi gadungan ini bukan dari Indonesia loh.

Saya harap sobat hapal gambar tersebut, biar suatu hari bisa berkenalan dengan aplikasi ini.
Aplikasi ini muncul secara tiba-tiba di PC kita. Dan melakukan scanning file. Kita tidak bisa mematikan dengan menutupnya. Kalaupun di restart dia akan muncul kembali, aplikasi ini mendisble ekstensi *.exe, Anda menjalankan YM, word kadang tidak bisa. Aplikasi ini akan melakukan scanning berulang-ulang. Dia memberitahu kalau PC kita terkena virus. Saya sarankan Anda jangan mengikuti perintah dari aplikasi ini, untuk removel, klik ini dan itu. Biarkan saja aplikasi itu berjalan.
Lalu apa yang harus kita lakukan?

Hehehe tenang sobat blogger, Kita tentunya sangat panikkan dengan keadaan ini. Takut file-file penting akan hilang dan harus install ulang. Ok, sebelum mengikuti langkah-langkah yang ane pahami, ada baiknya Anda berdoa dulu. Kalau sudah kita lanjut..

Langkah pertama, nyalakan komputer dalam keadaan Safe Mode:
  1. Restart komputer Anda.
  2. Ketika booting anda tekan berulang F8.
  3. Pilih Safe Mode.
  4. Komputer Anda akan start up pada kondisi safe mode. Jika muncul dial box, Anda pilih Administrator.
  5. Komputer Anda akan menyala dengan layar gelap.
Langkah kedua, mencari letak virus:

1. Aplikasi gadungan internet security ini biasanya akan membuat icon di dekstob. 


Internet Scurity Antivirus gadungan
2. Untuk mengetahui letak virus, kita klik kanan dari icon terrsebut, dan pilih Properties dan lihat kotak target (dibawah target location). Disanalah tempat aplikasi ini bersarang. Saatnya Anda beraksi mencari file nya dan hapus.



Langkah ketiga, memunculkan lokasi yang terhidden:

1. Masih ingat dengan posisi virusnya kan. Sebelum mencari Anda wajib menampakkan  file2 yang terhidden. Caranya masuk explorer dan pilih Menu, klik tool dan pilih folder option. Dan lihat view. Kalau sudah, pilih show hidden file and folders, dan buang centang di bawahnya. Lihat gambar di bawah.

cara menampakkan file terhidden dengan folder option
2. Kalau sudah anda tinggal mencari lokasi aplikasi file gadungan internet scuriti dan hapus. Lihat gambar di bawah. 
Lokasi Virus Komputer
3. Kalau sudah di hapus induk virusnya Anda hapus juga icon yang ada di dekstob.

4. Selesai, Anda kembali ke nomer 1, dan klik restore default.
5. Dan restart lagi.
6. Selesai.

Begitulah sobat blogger pengalaman ane ketika Membersihkan Virus Tanpa Install Ulang ini, yah intinya berbagi pengalaman. Kalau ada teman-teman yang lain silahkan share di komantar.

Terima kasih

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis