Posts

Showing posts from July, 2015

Metode Dakwah Sekarang

Dewasa ini, masyarakat islam bukan saja dirusak oleh orang kafir, ttapi juga oleh orang islam sendiri. Amalan2 wajib dan sunnah bukan hanya ditinggalkan oleh umat islam yang awam, tetapi juga oleh para tokoh agama. Kita hanya sering membicarakan orang2 yang meninggalkan sholat dan puasa. Padahal, berjuta-juta manusia terjerumus kedalam jurang KEMUSYRIKAN DAN KEKUFURAN secara terang-terangan. Lebih parah lagi, mereka tidak memahami apa yg mereka kerjakan merupakan kemusyrikan dan kekufuran. Perbuatan haram, fasiq, dan kejahatan secara terbuka tlh merajalela, tidak ada lagi tersembunyi didepan kita. Sikap tidak mempedulikan agama, menghina dan meremehkannya audah bukan rahasia lagi bagi siapa saja..

Melihat keadaan itu, sebagian tokoh agama (ulama) justru menjauhkan diri dari umat. Akibatnya kejahilan semakin menjadi-jadi. Masyarakat awam sering beralasan bahwa tidak ada lagi orang yg bersedia mengajarkan agama kepada mereka. Sedang para dai(ulama) beralasan bahwa tidak ada lagi yang men…

Ustadz Facebook yang Sombong

PANAH IBLIS UNTUK USTADZ FACEBOOK

Masih tataran awam mungkin menikmati postingan-postingan yang ada arabnya dari akun yang ada kunyah-kunyah...

Sama halnya saya yg dulu yg masih awam sebelum menjadi ustadz facebook seperti saat ini, menjadi korban pencitraaan beberapa ustadz senior facebook.

Walaupun begitu untuk menjadi ustad facebook yg handal butuh proses. Engak mungkinkan ketika hasil copasan yang mau di buat status enggak dibaca, kalau emang enggak dibaca kebangetan banget tuh.. :v

Dulu, walaupun saya awam, saya masih sempatkan berdiskusi lintas harokah..termasuk debat dengan anak-anak pondok aswaja, terutama masalah aqidah dan sifat Allah...

Kejadan lucu ketika berdebat dengan ustadz2 facebook aswaja yg lagi nyamar, tatkala saya membawakan dalil tentang sifat Allah..tapi ujung-ujungany diajak I'ROBan...

Atau waktu mereka getol menggelontorkan akidah Allah tidak bertempat dan tanpa arah.. saya cuma kasih kisi-kisi sebuah  ayat quran

وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً

Han…

Bekas Masyumi dan SI di Banjarnegara

Image
Sisa Perjuangan
Hari ini jadwal saya menuju ke wanadadi banjarnegara mengunjungi kawan lama..
Melewati jalan terjal berbukit-bukit dan sawah motorpun blepotan debu..
kali ini tdak biasanya, kalau dl jalanan lengang melihat hijau2an..yah karena momen lebaran jadi jalanan banyak kendaraab plat luar..

Yg saya tuju desa linggasari rengrang..desa mencil dekat tepi sungai serayu..
Melihat penduduknya seperti ada sisa semburat senja bekas era kejayaan masyumi dan SI (Syarekat Islam)

Dulu banjarnegara jadi basis massa kelompok ini...bahkan wonosobo..itu dulu
Tapi bekas itu masih terlihat di desa2 yg orang tuanya masih menjaga syiar2...saya sering dapati ibu2 sepuh jilbabnya lumayan besar2..dan saya mendapati desa2 yg kuburannya tanpa kijing
Bahkan banyak masjid seperti nu tapi bukan nu, seperti muhamadiyah tapi bukan muhamadiyah..tanpa pujian sesudah adzan, dzikir pelan..

Syarekat islam mempunyai tiga pilar utama
1. Semurni-murninya tauhid
2. Setinggi-tingginya ilmu
3. Sepandai-pandainya siasah (politik)

Bekas Masyumi dan SI di Banjarnegara

Image
Sisa Perjuangan
Hari ini jadwal saya menuju ke wanadadi banjarnegara mengunjungi kawan lama..
Melewati jalan terjal berbukit-bukit dan sawah motorpun blepotan debu..
kali ini tdak biasanya, kalau dl jalanan lengang melihat hijau2an..yah karena momen lebaran jadi jalanan banyak kendaraab plat luar..

Yg saya tuju desa linggasari rengrang..desa mencil dekat tepi sungai serayu..
Melihat penduduknya seperti ada sisa semburat senja bekas era kejayaan masyumi dan SI (Syarekat Islam)

Dulu banjarnegara jadi basis massa kelompok ini...bahkan wonosobo..itu dulu
Tapi bekas itu masih terlihat di desa2 yg orang tuanya masih menjaga syiar2...saya sering dapati ibu2 sepuh jilbabnya lumayan besar2..dan saya mendapati desa2 yg kuburannya tanpa kijing
Bahkan banyak masjid seperti nu tapi bukan nu, seperti muhamadiyah tapi bukan muhamadiyah..tanpa pujian sesudah adzan, dzikir pelan..

Syarekat islam mempunyai tiga pilar utama
1. Semurni-murninya tauhid
2. Setinggi-tingginya ilmu
3. Sepandai-pandainya sia…

Sufi Facebook

Sufi Facebook

Seorang thalib mempunyai kapasitas untuk update status ttg ilmu agama, tapi dia enggan melakukannya..

Dianya malah sering update foto makanan, alam atau aktivitas harian.
Kemudian ditanyakanlah kepadanya

"Kenapa antum enggak pernah update status ttg agama, antumkan ilmunya sudah lumayan"
Diapun menjawab, "Ujub itu seperti kabut dipagi hari, datangnya tidak diketahui, diapun bisa menghalangi cahaya matahari."

"Lebih baik update seperti ini, kalau memang orang membutuhkan ilmu dia akan datang bermajelis pada yang ahli.."

*Orang seperti diatas bikin laku ustadz facebook

Gara-gara Ketiduran di Bis

Gara-gara Ketiduran di Bis

Subuh kali ini ada ada jamaah yg baru terlihat, musafir yang bawa tas. Namun berciri khas pakai gamis..

Seperti biasnya saya kalau imam sudah salam dan mulai membaca dzikir tasbih tahmid takbir saya pindah posisi ke belakang dekat pojokan guna menghindari salaman muter para jamaah  sambil sholawat kenceng..maklum ini masjid markas JT dan aswaja..

Ternyata musafir bergamis itu jg kebelakang tepatnya belakang saya agak jauh..

Sambil saya umik-umik komat kamit...musafir bergamis itu didatangi jamaah JT...dan terjadilah dialog yg mau tidak mau terdengar telinga..la ngomonge buaanter je..

JT: assalamu'alaikum..kok bawa tas dari mana (biasanya namanya gini dikira sama seperjuangan)
Musafir bergamis (MB): Wa ngalaikum salam, dari semarang..mau ke banjarmangu malah kebablasan sampai sini.
JT: kok bisa...
MB; iya tadi ketiduran, bangun2 sudah sampai sini..
JT: ohhh ngomong2 ngaji dimana mas (dia terlihat ramah bgt , senyumnya tulus)
MB:   saya ngaji salafi ( sambil senyum …

Ngaji Rungon Kyai Aswaja

Ngaji Rungon

Silaturrahim ke kyai makhrus blabak kudu ngalah karena jamaah beliau dari kalangan tua banyak yg datang..terpaksa saya menyingkir ke kursi sebelah sambil rungon wejangan beliau ke tamunya...

Dalam percakapan beliau itu saya mendengar

Bahwa benar apa yg dipaparkan oleh ulama jika ziarah kubur itu tersamarkan pada tindakan syirik.. illa bi 'ilmin dan beliau menyinggung nukilan dari penjelasan kitab durrotunnashihin..

Dadi ziaroh kubur oleh kanggo wong seng mengilmui..jarene :)

Kesimpulane:

Ngobrol santai dr hati ke hati kwi jane kepenak kok..beliau aswaja dan saya wahabi..ya nyambung aja ngobrole..

Seng jelas anakku yo disangoni hehehe lumayan ge tambah tuku bengsin

Fitnah Facebook

Hati-hati ya terhadap fitnah fb bagi laki2 dan perempuan
Baik yg sudah menikah atau belum. Karena fitnah itu tidak pandang bulu.

Setan menggoda semua manusia agar bisa menjadi temannya di dunia maya.

Bukan orang awam saja yang bisa terkena fitnah,orang yang sudah berilmupun bisa terkena fitnah.

Dan biasanya ujian bagi orang yang berilmu itu lebih berat.

Dan harus selalu berdoa kepada Allah agar terhindar dari fitnah
Sebisa mungkin tuk mengurangi intensitas hubungan antara laki2 dan perempuan yang bukan mahram.

Karena ada sebagian yang lebih asyik berkomunikasi dengan lawan jenis.

Terutama para suami kasihan istri dan anak-anakmu

Apa kau rela jika istrimu berbincang2 lwt inbok,sms,line ,wa dg lawan jenis

Jika tidak sungguh istrimu pun tak menyukai hal yg tak kau sukai jika itu dilakukan oleh istrimu...

=====
Copas dari dari status istriku (sepertinya dia akan menampar ustadzah facebookiyah)

Pedagang Dawet Sukses

Penjual Es Dawet yg mujur

Suatu hari pemilik perusahaan melakukan sidak kpd karyawannya pada saat jam kerja. Melihat sang empu perusahaan mereka pun bekerja dgn serius, kecuali ada seorang yg lagi santai2 di duduk dekat tangga.

Sang pemilik perusahaan pun kaget melihat anak buahnya yg lagi santai pada saat jam kerja. dipanggil lah sang anak buah tadi dgn nada agak gusar

"Hey kamu... berapa biasanya kamu dapat sebulan?" tanya sang bos mengenai penghasilannya..

Jawab org tsb dgn santai" ya tergantung pak, tapi rata2 sebulan 5jt"

Tanpa brpikir lama si bos menyuruh asisten pribadi utk mengeluarkan uang sbesar 10jt...kemudian uang itu diberikan ke org tsb tadi sambil berkata

" ini gajimu utk bulan ini 5jt, dan pesangonmu juga 5jt, dan mulai hari ini kamu tdk usah bekerja lagi disini..KAMU SAYA PECAT!!!"

Hardik si bos karena gusar yg memuncak.. seketika juga org tsb lari meninggalkan pabrik.dan karyawan yg lainnya pun hanya bisa diam tercengang.. kemudian si bos membe…

Komite Sekolah?

Lagi-lagi dunia pendidikan masih marak plonco, belum lagi masalah biaya masuk skul
Teman saya pening gegara memasukkan anaknya di SD negeri, padahal dia pingin menekan beban ekonomi harian disamping itu dah kapok memasukkan anak pertamanya di SDIT yg tyta daftar ulange 8jutek..kali ini anak keduanya yg masuk SDN dia malah kena fentung juga registrasi 8jutek juga..spp 250K

Setelah ditelusuri, memang pihak SD membebaskan biaya dll...trrnyata yg nentuin registrasi dan spp itu komite sekolah (kumpulan wali murid)

Yg saya bingung dr dulu itu sakjane ngopo seh gunane komite sekolah....sekali-kali mbok ketua komitene wong mlarat ngono..nang ndi2 ketua komite wong sugeh tok

Kalau saya ingat dulu waktu MTsn, sungguh menyedihkan adanya komite sekolah ini.. ya waktu saya melihat wajah orang-orang tua kampung (termasuk ortu saya) nampak lesu dengan jajaran komite sekolah... nampaknya peran-peran yang ditunjuk menjadi komite sekolah hanya orang2 kayak, orang yg punya jabatan...

Bayangkan mengadakan rap…

Berhati-hatilah Pada Fitnah Zina

Jaga diri, fitnah syahwat itu tdk datang kepada awam saja 

Tadi malam sikecil rewel digigit nyamuk, jadinya tidurpun mulur. Disambi ngobrol sama istri tak terasa dah larut, saurpun pagi ini alhamdulillah hanya pakai air dan sebiji tahu.

Obrolin masalah berita, pendidikan anak, keluarga..hingga fitnah2 akhir jaman.
Sempat tanya-tanya kondisi kawannya dl d pondok zeorang akhwat yg kini sudah futur dlm titik nadzir menjadi ikhwit, gegara calonnya (oknum) dl minta video tak senonoh..ya sekarang dia nikah dg org awam, g jelas pakai jilbab atau enggak kata istriku.

Sy cm menimpali ke istri agar jangan kaget dg kondisi zaman sekarang, kita banyak berdoa agar terhindar dr berbagai fitnes..

Kemudian saya mengingat ulang kisah suraqah yg murtad gegera pitnah wanita..apalagi model kayak kita-kita ini..

Aku bilang lagi ke istri "Kenal utdz fulan yg tulisannya subhanallah super zekali, kalau update status ratusan like dan komen, kontributor web islam besar, sy dpt info dr ikhwan yg hanif kalau ustd…

Kegagalan Sang Motivator Cinta

Kegagalan Sang Motivator Cinta

Tadi malam sehabis belanja saya melewati rumah mewah yang dijadikan kost-kostan putri. Ada kejadian ganjil waktu motor saya yg pelan-pelan mendekati rumah itu.. nah ternyata ada seorang laki-laki yang mau pamit pulang kepada ceweknya, sepertinya mereka habis jalan-jalan... dan lucunya ketika pamitan yg cium tangan bukan ceweknya tapi malah laki-lakinya :v

Baru kali ini mendapati ada cowok sholehah banget..

Saya kembali mikir, tanda2 kerusakan zaman apakah peran laki-laki akan tergantikan oleh perempuan..?

Belum lagi sesal saya adalah lemahnya iman yg tidak bisa amar ma'ruf nahi munkar. Seharunya saya mendatangi mereka kemudian menasehati mereka... kok malah bikin status disini..

Dan akhirnya sang motivator  itu hanya bisa ngomong, menulis kemudian mencetak buku lalu dapat duit

#Motivator_golek_duit