Posts

Showing posts from March, 2017

Cara Saya Mengajari Anak Belajar Al-Quran (Bagian - 2)

Image
Mengajari Anak Menghafal Al-Quran
Masih ingat dengan postingan "Ada Apa dengan Nadia"?

Sebelumnya, Nadia adalah anak yang mempunyai daya hafal lemah. Dulu saya harus mati-matian mengajari huruf waw, fa', qof, dan dho'. Bayangkan 1 menit hafal, 1 menit lupa dan itu berlangsung sampai Iqra' 4.

Ngajarin membaca saja butuh kesabaran ekstra, apalagi harus menghafal surat
Alhamdulillah sekarang dia hampir Al-Quran dengan bacaan lumayan lancar. Dan sudah hafal sampai surat A-Bayyinah.

Karena basic dia dari keluarga abangan, dalam artian keluarganya jarang shalat, maka secara otomatis amaliyahnya mengikuti orang tua dan kakak2nya. Jadi dia tidak mau shalat..

Disinilah tantangan saya bagaimana agar anak ini mau shalat..

Hal pertama saya menjelaskan pentingnya shalat dan balasan-balasan apa saja yg akan didapat nanti akhirat kelak bagi orang yg mengamalkan dan yg meninggalkannya.. dan saya jelaskan hadis tentang shalat menjadi amalan pertama ketika di hisab.

Alhamdulillah saat ini…

Berdagang dengan Ustadz - Kisah Lucu

Image
Berbisnis dengan Ustadz
Pulan: Apa kabar ustadz, lama g ketemu. Ni tadz ada barang bagus herbal kesehatan dijamin topcer
Ustadz: Alhamdulillah baik, wah kebetulan ana lagi butuh herbal kesehatan. Soalnya capek ngisi kajian kesana kemari. Berapa harganya?

Pulan: Harga aslinya 100ribu tadz, tapi buat antum 70rbu saja..

Ustadz: Masya allah, barakallahu fikum..antum baik sekali. Baik ana pesan 2 botol dulu ya.

Pulan: wa iyyakum..siap tadz..

Ustadzpun pulang kerumah..

Seminggu kemudian ustadz ketemu kawannya di pasar. Kebetulan jg jualan herbal..dan mampirlah dia bersinggah.

Ustadz: Dagangan antum dah banyak nih

Kawan: alhamdulillah..ya kalau mau beli ane kasih diskon buat antum

Ustadz: kebetulan ana dah beli kemarin. Nah.. kayak gini nih herbalnya, katanya bagus buat kesehatan

Kawan: ohh ini.. iya, harganya cuma 35rbu. Ntar buat antum ana diskon jadi 25rbu

Ustadz: ah yg bener harganya segitu

Ustadzpun mulai memperbanyak istighfar πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Disarikan dari kajian ustadz kholid syamhudi waktu rakernas. Denga…

Puisi Pemuja Kupu-kupu

Image
Penyesalan Sang Pemuja Kupu-kupuSebuah hikayat facebook tersebutlah seorang bernama Maftun. Dia sangat menyukai keindahan alam, hobinya mengoleksi bunga-bunga. Bahkan dia mempunyai kebun yg sangat luas dengan aneka ragamnya.

Tiap pagi dia selalu melihat kebunnya, dan sepertinya belum puas apa yg dia dapati.

Lalu dia berpikir, kebun ini akan sangat indah kalau ada kupu-kupu beterbangan. Lalu diapun mencari kupu-kupu sebanyak mungkin...

Setelah terkumpul...dia melihat kebunnya semakin takjub.

Kini tiap hari dia selalu melihat kupu-kupu beterbangan kesana-kemari...

Namun 3 minggu kemudian kebunnya sudah mulai sepi...kupu-kupu pergi entah kemana. Diapun sangat sedih..

Semingga setelahnya dia mulai melihat gejala kebunnya rusak..

Dan ternyata dia dapati tanamannya hancur dimakan ribuan ulat bulu..

Diapun menyesal..ternyata keindahan kupu-kupu hanya sesaat..

Dia tahu ulat bulu dihadapannya ini akan kembali menjadi kupu-kupu. Namun kini, kebunnya sudah hancur tak tertolong lagi

Tidak Jadi Kredit Motor Syariah, Takut Kena Syubhat

Image
Memulai rumah tangga banyak perjuangan yang kami lakukan. Dan diantara kesan yang susah dilupakan adalah ketika kejadian awal kami ingin membeli sepeda motor sendiri.

Maklum, waktu itu kami masih pengantin baru jadi perlu alat transportasi untuk sehari-hari. Mengingat juga kehamilan pertama istri yang perlu setiap saat kalau-kalau periksa ke bidan :) urgent sekali.

Nah, kebetulan dikantong kami hanya sekitar 2 jutaan. Pikir-pikir mau beli sepeda motor apa yang bagus namun sesusai budget tersebut..

Akhirnya kamipun berburu iklan di koran dan di internet siapa tahu ada motor murah. Oh tidak.......Dan rasanya saya sudah putus asa karena tidak ada sepeda motor sesuai target anggaran kami. Paling yang layak untuk dipakai  minimal harga 3 juta.. beuhh pusing-nya.

Disaat mulai pencarian sepeda motor, sayapun ketemu teman lama. Eh tiba-tiba dia menyarankan untuk kredit motor dengan pembiayaan di sebuah BMT yang katanya angsurannya ringan...  kurang lebih Skemanya kredit segitiga

Kalau misal harga …

Mau Menikah Terkendala Modal, Ini Tipsnya Gan!!

Image
Tips Bagi Jomblo yang Ingin Menikah?

Anak yg dulu bandel, sekarang dah mulai kenal ngaji, hafalannya juga banyak..kadang jadi imam badal... ya awalnya sederhana kok dulu, enggak kebanyakan dalil cas cis cus, ya cuma ngakrabi kemudian dirayu-rayu ikut kajian rutin di masjid. Alhamdulillah...

Kemarin hari dia WA saya ke nomer 08139*****

Doi: Assalamualaikum mas minan
Ane: Wa alaikum salam
Doi: Mas minan dahulu pas nikahan habis biaya sekitar berapaan ya 😎
Ane: Cuma punya duit 300rbu buat biaya nikah 󾌺
Doi: 󾍁 kereen
Ane: Modal nekat
Doi: Serius nih ?
Ane: Iya bener

Dari pembicaraan ini sepertinya doi lagi kebelet pingin nikah.. walau usianya muda banget..tapi dia masih berasa belum cukup modal..

Memang dilema ya...iklan syahwat mudah didapat, tapi ketika untuk mendapatkan yg halal susah banyak syarat.. Belum lagi budaya nikah indonesia yg menurut sebagian orang mihil.. tapi masih murahan jawi lah daripada suku lain hehehe...

So, pingin nikah tapi tidak punya duit. Begini caranya?

Pertama: Kuatkan …

Cara Saya Mengajari Anak Belajar Al-Quran (Bagian-1)

Image
ADA APA DENGAN NADIA (PART 1)

Panggil saja dia NadIa, anak kelas 4 SD yang memasuki usia 9 tahun. Daya ingatnya yang lemah, 10 menit hafal 10 menit lagi lupa..

Pertama ngaji ke saya dia iqra 3. Berhubung 1 halaman membutuhkan 30 menit menyelesaikannya dan banyak yg salah.. saya turunkan kembali ke iqra' 2.

Ditengah perjalanan, dia terkendala beberapa huruf.. terutama 3 huruf ف Ω‚ و ... sehingga saya berisiatif memadatkan ngaji dia iqra' 2 dan iqra 1 untuk penghafalan dan pemantaban huruf..

Ya, disamping dia ngaji iqra' 2, dia harus ngulang iqra' 1..
dan .... 3 huruf ini: ف , Ω‚ dan و sudah 1 bulan lebih tidak hafal-hafal juga :(

Saya mengucapkan berkali-kali dan dia menirukan... dia hafal, jeda 2 menit lupa lagi..

Saya sampai hampir marah-marah, emosi kebapakan :v...tapi saya sadar, ni anak memang mempunyai kelebihan lain. :D

Lalu... entah cara apa lagi yang akan saya gunakan biar dia hafal 3 huruf ini..

Ketika saya menunjuk huruf ف , dia bingung tidak bisa membaca... sampai nu…

Fakta Sejarah Wahabi dan Israel Yahudi

Image
Konspirasi Wahabi
Tuduhan paling sering terhadap "wahabi" (ane pake istilach ini, karena di Indonesia ngetrend dan bagi ane keren, karena nama "wahabi" diambil dari nama Alh yaitu al wahhab) adalah "wahabi" adalah antek Yahudi, Israel dll, ini tuduhan yang keluar dari mulut2 orang jahil, impontent pemikiran dan busuk hati, mari kita bercerita yang pasti bukan hikayat atawa dongeng.

Sebenarnya migrasi (aliyah) Yahudi sudah lama, bahkan sebelom jaman mandate Inggris, Imigrasi besar2 an pertama pada abad Modern (abad 19) yaitu pada jaman Mehmet Ali Pasha (wali Misr dan Gubernur Turki di Misr itu kenapa dia dapat gelar pasha), Mehmet ali pasha ini adalah penakluk Negara Saudi pertama, dimana ketika dia menguasai Kabaah dia membawa Sultan Saudi ke turki dan membuangnya ke laut. Migrasi (aliyah) ini berjalan terus sampe ketika Trans Jordan (Palestine) di taklukan oleh Inggris dan Syam di bagi2 menjadi Negara kecil dengan perjanjian Sykes and Piccot, ketika perang…

Aku dan Jamaah Tabligh

Image
Tetanggaku terpengaruh Jamaah Tabligh?
Tetangga baru kami bernama pak Ali, dulu dia menyewa ruko depan rumah kami. Pak Ali ini jualan aneka sembako, hobbynya juga main ayam jago.

Emang Namanya ke arab-araban "Ali". Ketika adzan dzuhur berkumandang kadang dia bergegas ambil air. Bukan untuk wudhu sih, tapi buat ayamnya ,,, buat dimandiin. Kemudian dijemurin di depan rumah...

Saya melihatnya gregetan juga.. sayangnya cuma diempet, seakan seperti setan bisu, grundel saja... saya memang salah.

Tiap hari seperti itu... parahnya dia suka main dukun penglarisan juga.

Lalu saya...

Ya grundel lagi.. nesunan...sumpah serapah dibelakang. Jangan-jangan aku mewakili kalian :( semoga saja tidak

Beberapa bulan setelah kami pulkam lagi dari ygya...

Pak Ali ini hobbynya pakai sarung dan kopiyah... ketika adzanpun sudah bergegas ke masjid belakang...

Habis dzikir sholat.. lah ternyata beliau nimbrung liqo' sama tokoh kampung kami yg jadi JT..

Habis pulang dari masjid mereka berjalan bergerombol ke …

Polah Anak TPA yang Bikin Gaduh Kelas (Bahasa Jawa)

Image
Tidak Lebih Seperti Murid TPAWaktu itu jam istirahat santri pada main di sekitar masjid dan ada juga yg dikelas.

Tiba² ada 4 santri lagi debat kusir di bangku belakang bahas ttg kisah nabi².

"He ora he....ora koyo ngono ceritane, salah kwi. takono ustadz lek ora percoyo" kata santri 1
"Loh tenan iki je, kwi ceritane bapakku koyok ngunu..lek gak percoyo takono bapakku wes nko bar ngaji" sanggah santri 2

"Lah emang ceritone seng pener seng ndi seh? Soale wingi aku ora mlebu ngaji..nganu aku absen ono ektrakuliner ndok sekolah je" katane santri 3

"Mbuh lah ora mudeng aku, aku wingi ngantuk je..la ceritane seng asli ndi ki?" Ujare santri 4
Lalu ribut lah mereka..gontok²an

Santri 1 bilang dan menegaskan "Kwi critane salah, wingi ustadze ora koyo ngono nyritanine..lek ora percoyo kae ustadze mumpung ndok kantor paranono wae.."

Santri 2 tetap ngeyel kwi seng bener critane bapake.

"La wong bapakku kwi lulusan pondok jg loh, kwi seng bener critane&…

Hukum Bikin Akun Palsu untuk Berdakwah

Image
Diantara kalangan pegiat dakwah dunia maya ada yang nekat membuat akun perempuan. Begini loh fatwa ulama facebook terkait hukum laki-laki membuat akun perempuan.

Bagaimana hukum pria menyamar menjadi perempuan untuk berdakwah? Walaupun dalilnya benar. Matur suwun
Jawab: hukumnya boleh hahaha
Lah kok iso to..dalilnya opo to mbah.
Jawab: undzur ma qola wa tandzur man qola
Kwi dalil opo...lek dukun berarti oleh diterimo perkataane ngono mbah?
Jawab: mboh takono ustadzmu ae

Sek sek mbah..sampean ngolehke dakwah wong lanang nyamar dadi wedok dalile undzur undzur maeng. Kok iso yo?
Jawab: nyo iso ae la wong aku ustadz, lek protes kono goleko ustadz liyane ae.
Tapi mbah nabikan melaknat laki-laki yg menyerupai wanita?
Jawab: la wes ngerti ngono kok ndadak takon mbarang. Opo yo normal model ngono ditakonke. Coba kwe mikiro.. jajalen ae kwe gawe jilbab trus dakwahi ndok sarkem. Pantes ora kwe jilbaban tapi suaramu ngebas..normal ora, meskipun dalil mu qola qola qola..
Ohh ngono yo mbah..getun aku takon s…

Karyawan Sales Rokok

Image
Rokok Haram, Tapi Terbentur dengan Keadaan

Sebuah ibrah barusan setelah dari masjid ;
Tadi saya ke masjid untuk menunaikan sholat ashar kemudian saya ke tempat wudhu. Lalu saya berpapasan dengan seorang lelaki muda, dia berjenggot dan celana pas di mata kaki (tidak lebih).

Kemudian kami masuk menuju shof dan kebetulan kami berdampingan. Masya Allah gerakan tata cara sholatnya "nyunnah". Setelah salam saya agak bergeser kebelakang tapi tiba-tiba mata saya tertuju pada baju seragam orang tersebut, dibelakangnya tertulis "A*****" sebuah merek rokok terkenal. Dan saya baru tahu kalau orang yang berada disamping saya ini adalah seorang sales rokok.

Saya yakin sebagian friendlist FB akun ini sudah kenal ngaji dan mungkin jg ada seorang aktivis dakwah. Walaupun begitu mempunyai kadar ilmu yang berbeda-beda... betul g?

Saya ambil contoh dalam menyikapi rokok ada yang berpendapat haram mutlak baik pemakai, pembuat, dan pemasar.

Kadang walaupun kita mengingkari hukum rokok dengan …

Tobat Bikin Akun Palsu Facebook Kloningan Perempuan

Image
Lambaikan Tangan, Tidak Kuat Menyalahi Kodrat
Saya memandang facebook memudahkan saya buat jualan. Karena waktu itu belum kuat bayar iklan salah satu cara adalah ternak akun.

Bikin beberapa akun pria yang dipoles karakternya sedemikian rupa. Tapi dagangan saya itu gombalnya wanita..cuma dapat like aja

Lalu saya bilang ke istri, mau saya buatkan akun dengan nama kunyah anak kita, ummu azzam. Jadi nanti istri ikut mengendalikan akun ini. Deal.. sip jadi akun itu.

Pertama cari gambar-gambar jilbab dan cadar, update status hadis dan nasehat. Saya rutinkan seperti ini..
Dengan bantuan script imacrot. Hanya sekian minggu followernya sudah miliyaran hehe

tapi sayang istri saya ogah-ogahan ngelola akun itu.. ya katanya itu bukan dirinya. Hedeeh..

Akun ini makin hari makin ramai, sampai follower memanggilnya Ustadzah ummu azzam :D pun inbok berdatangan sekedar ingin kenalan atau bertanya masalah agama.

yang lebih mengejutkan ada beberapa ikhwan mengajak ana ta'aruf, lahaula wala quwata illa billah…