Cara Saya Mengajari Anak Belajar Al-Quran (Bagian-1)

ADA APA DENGAN NADIA (PART 1)

mengajari anak mengaji iqra'


Panggil saja dia NadIa, anak kelas 4 SD yang memasuki usia 9 tahun. Daya ingatnya yang lemah, 10 menit hafal 10 menit lagi lupa..

Pertama ngaji ke saya dia iqra 3. Berhubung 1 halaman membutuhkan 30 menit menyelesaikannya dan banyak yg salah.. saya turunkan kembali ke iqra' 2.

Ditengah perjalanan, dia terkendala beberapa huruf.. terutama 3 huruf ف ق و ... sehingga saya berisiatif memadatkan ngaji dia iqra' 2 dan iqra 1 untuk penghafalan dan pemantaban huruf..

Ya, disamping dia ngaji iqra' 2, dia harus ngulang iqra' 1..
dan .... 3 huruf ini: ف , ق dan و sudah 1 bulan lebih tidak hafal-hafal juga :(

Saya mengucapkan berkali-kali dan dia menirukan... dia hafal, jeda 2 menit lupa lagi..

Saya sampai hampir marah-marah, emosi kebapakan :v...tapi saya sadar, ni anak memang mempunyai kelebihan lain. :D

Lalu... entah cara apa lagi yang akan saya gunakan biar dia hafal 3 huruf ini..

Ketika saya menunjuk huruf ف , dia bingung tidak bisa membaca... sampai nunggu 1 menit lebih... sayapun jengkel..

"Nadia.. dengarkan ustadz baik2...huruf ini dibaca FA....." saya keraskan suara itu

"FA...." ulangi sampai 10 kali

"fa fa fa fa fa fa fa fa fa fa......." ucap nadia dengan cepat...

"Baik.. hafal tidak" tegas saya

"Hafal.." sambil dia cengengesan

Setelah itu saya tunjuk lagi huruf fa', dia mikir agak lama.. lalu bisa berucap "FA..."

saya acak2 lagi huruf ف yg sama di iqra' 1, dia bisa baca "Fa..."

duh senangnya hatiku....

Kemudian saya lanjutkan lagi... huruf qof ( ق) , dengan menggunakan metode yang kayak huruf fa' sebelumnya

Duh senengnya....tambah semangat lagi karena dia hafal 2 huruf..

Sebelum saya lanjutkan ke huruf waw (و) ..

Saya mau ngetes ulang lagi dengan menunjuk huruf fa'

"Nadia ayoo coba baca huruf ini..."

Dia hanya memandangi huruf, dan sekali-kali memandangi wajah saya...mulutnya komat-kamit nanggung mau keluar suara..

"Ayoo nadia.. ini udah jam berapa, yang lain belum mengaji.. g usah takut, keluarkan suaranya" tegas saya..

"QOOOOOOOOOOOOOO..."

Jedaaaaaaaaaaaaaar... saya lemes lagi...

Terhitung dua purnama dia membuatku galau...

Oh nadia, ada apa dengan engkau...

(bersambung............)

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis