Bagaimana Sih Menunjukkah Rasa Hormat Kepada Orang Lain?

Kehormatan - Apa itu hormat? Hormat adalah lawan dari melecehkan. Apakah kamu menghormati diri sendiri dan orang lain? Apakah Kamu menghormati pendapat orang lain? Lalu bagaimanakah kamu menunjukkan rasa hormat tersebut?
menghormati orang lain

Kata orang sih sikap menghormati adalah sikap yang membantu kita sukses dalam hidup dan membangun hubungan yang harmonis diantara manusia. Dan perlu bagi kita belajar untuk menghargai diri sendiri, rekan-rekan, teman-teman, keluarga, kolega, alam, dan segala sesuatu yang Allah subhanahu wa Ta'ala telah menciptakan.

Menunjukkan rasa hormat


Untuk mempelajari bagaimana menghormati orang pada dasarnya bersifat universal. Saya hanya menjelaskan secara umum saja manusia harus menunjukkan rasa hormat:

1. Tingkah laku

Perilaku yang baik sangat penting untuk semua orang. Cara Anda bersikap dan memperlakukan orang mewakili nilai-nilai kamu. Dan selalu berusahalah untuk perilaku terbaik dan ini akan menunjukkan identitas pribadi kamu. Jika kamu muslim cobalah ketika bertemu seseorang menjabat tangannya dan ucaapkanlah salam dan senyumnya dengan ketulusan.


Dari al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلاَّ غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا

“Tidaklah dua orang muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka berdua sebelum mereka berpisah." [HR. Abu Dawud, Tirmidzi]

Tingkah laku tidak dari perilaku badan tapi dari lisanpun itu akan mencermin kita.

Seberapapun ilmu Anda menjulang langit, tapi perilaku dan akhlak begitu buruk itu akan menjatuhkan harga diri kamu. Dan orang tidak memerlukan apa-apa yang kamu punya kecuali hanya perasaan kebencian.


2. Bahasa

Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting bahwa orang harus memperhatikan. Ketika kamu berbicara dengan orang lain dengan cara yang negatif, orang lain akan kehilangan rasa hormat kepada kamu dan akan mulai menarik diri meninggalkanmu. Belajarlah untuk bersikap sopan dalam komunikasi dengan orang lain dan orang-orang akan menghormati kamu. Lihatlah kawan bagaimana islam mengajarkan agar kita menggunakan bahasa yang baik. Nabi bersabda,

"Barangsiapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah berkata baik atau lebih baik diam." (HR Bukhari dan Muslim)

3. Menghormati hukum

Dapatkah kamu bayangkan jalan-jalan tanpa lampu lalu lintas? Dapatkah kamu bayangkan pertandingan sepak bola tanpa peraturan? Dapatkah Anda bayangkan sebuah perusahaan tanpa peraturan? Belajarlah untuk menghormati aturan-aturan, hukum, dan peraturan karena mereka kebaikan kita.

4. Menghormati perbedaan

Belajarlah untuk menghargai pendapat orang lain dan keyakinan dalam koridor yang jelas. Dalam hal umum silahkan berbeda pendapat selama tidak menyangkut ranah agama, karena dalam agama banyak konsep yang dijelaskan bagaimana sebuah toleransi, kalau kita muslim tentu ingat surat al-Kafirun dalam ayat lakum dinukum wa liyadin yang artinya: Untukmu agamamu dan untukku agamaku. Kita boleh berberda tapi harus arif dalam menyikapinya. Kita harus menyadari bahwa apa yang baik bagi kita mungkin tidak baik bagi orang lain dan apa yang baik bagi orang lain mungkin tidak baik bagi kita. Kamu bisa tidak setuju dengan pendapat seseorang dan keyakinan dengan cara yang terhormat dan positif, bukan dengan cara yang negatif. Lihat pembahasan (sikap ketika berbeda pendapat)

 5. Menghormati diri sendiri

Kamu harus belajar untuk menghormati diri sendiri, jika tidak, orang tidak akan menghormati Anda. Mulai sekarang saatnya kamu menghormati tubuh Anda, kesehatan, olahraga, membaca buku, dan buanyak lagi.

Contoh sederhanya adalah ketika bertemu dengan kawan cobalah hormati diri dengan memakai wangi-wangian karena ini akan membuat nyaman orang kamu ajak bicara,

Ok sobat blogger, saya rasa seperti itu bagaiaman menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. Apa sobat ada yang menambahkan? Mungkin bisa memberi komentar di bawah ini. :)

Diolah berbagai sumber termasuk gambar

Comments

Popular posts from this blog

Arti Dari Mumet

Cari Wanita yang Bisa di Poligami, Inilah orangnya !!

Apa Hukum Menjadi Tukang Parkir?