Mengenal Sosok Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum - Siapa yang tidak kenal nama tokoh mudah ini dialah Anas Urbaningrum yang karirnya melejit bersama partai Demokrat sekaligus dia menjabat sebagai ketua umumnya. Walau saat ini beliau tersandung masalah di intern partai dan KPK tapi kepopulerannya menjadi perbincangan publik Indonesia.

Kali ini irgimnur Blogger Indonesia mencoba mengorek biografi Anas Urbaningrum diberbagai literatur online.

Adalah sosok Anas Urbaningrum pria kalem kelahiran Blitar, Jawa Timur 15 Juli 1969 menjadi ketua umum sebuah partai termuda di Indonesia pada umur 40 tahun hingga pengunduran dirinya saat ini (23-02-2013). Karir sebelumnya menjadi ketua bidang politik dan otonomi daerah DPP PD (Partai Demokrat) dan ketua Fraksi di DPR. Dia terpilih untuk menjadi anggota DPR sekitar tahun 2009 dapil JATIM. Kemudian dia terpilih menjadi ketum PD dan akhirnya mengundurkan diri dari DPR

Sebelumnya ia menjalankan tugas sebagai Ketua Bidang Politik dan Otonomi Daerah DPP Partai Demokrat dan Ketua Fraksi Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat. Anas terpilih menjadi anggota DPR RI pada Pemilu 2009 dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VII (Kota Blitar, Kabupaten Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tulungagung dengan meraih suara terbanyak. Sejak terpilih menjadi ketua partai, ia mengundurkan diri dari jabatannya di DPR.

Anas Urbaningrum yang lahir di Srengat Blitar itu dulu menempuh pendidikan dari SD samapi SMU di daerah Blitar, kemudian pasa tahun 1987 dia melanjutkan studynya ke UNAIR (Universitas Airlangga) mengambil jurusan politik dan lulus pada tahun 1992.

PAda tahun 2000 kemudian dia melanjutkan S2-nya ke UI bidang politik, kemudian menempuh program doktoral di UGM Yogyakarta.

Anas Urbaningrum mulai berorganisasi di bangku kuliah terbukti dia menjadi ketua umu HMI ketika kongres di Yogyakarta tahun 1997. Terobosan terbesar yang dia lakukan adalah ketika ia menjadi tim revisi UU Politik atau yang dikenal dengan nama TIM TUJUH  pada era reformasi 1998 dan dilanjutkan tahun berikutnya dia menjadi tim seleksi partai untuk menyeleksi partai yang layak dan lolos ikut pemilu. Dan akhirnya dia menjadi anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum) 2001-2005 setelah masa tugas dia bergabung dengan partai demokrat yang mengetuai bidang politik dan otonomi daerah.

Pada 17 Okt 2010 anas urbaningrum dilantik menjadi ketua umum partai demokrat setelah sebelumnya serangkain dramatis dalam pemilihan karena ada dua kandidat kuat saingannya yaitu Marzuki Ali dan Andi Mallarangeng.

Anas Urbaningrum pernah mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Utama dari presiden Indonesia tahun 1999

Biografi Singkat Anas Urbaningrum


Nama: Anas Urbaningrum
TTL: Blitar, 15 Juli 1969
Istri:  Athiyyah Laila Attabik (Putri K.H. Attabik Ali, di Pondok Pesantren Krapyak)
Anak:
  • Akmal Naseery (lahir 2000)
  • Aqeela Nawal Fathina (lahir 2001)
  • Aqeel Najih Enayat (lahir 2003)
  • Aisara Najma Waleefa (lahir 2005).
Tempat Tinggal: Duren Sawit, Jakarta Timur

nasib anas urbaningrum
Klil gambar untuk memperbesar: Journal Anas Urbaningrun
Sumber: Wikipedia, Kompas, Viva, dll

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Arti Dari Mumet

Cari Wanita yang Bisa di Poligami, Inilah orangnya !!

Apa Hukum Menjadi Tukang Parkir?