Meninggalnya UJE - Ustadz Jefri Al-Buchari

MENINGGALNYA USTADZ JEFRI AL BUCHORI -rahimahullah- ( WAFAT DI PUCUK TAUBAT )

foto ustadz uje - jefri buchori
Sumber detik.com
Kurang lebih sebulan yang lalu, saya bertemu seorang alumnus Universitas Madinah al Ustadz Abu Nizar Mirjani Djohan berasal dari kalimantan, beliau jurusan Hadits, sedikit bercerita-cerita tentang ta'lim assatidz salafy Indonesia di Saudi Arabia.

Kami berdua bercerita tentang ta'lim Ustadz Syafiq Reza Baasalamah hafizhahullah di Saudi, Ustadz abu nizar berkata "Jefri al Bukhari setiap datangkan jama'ah Indonesia untuk Umrah, ketika sampai di madinah jefri al bukhari senantiasa meminta ustadz syafiq membimbing jama'ah umrahnya, dan ustadz syafiq senantiasa menashihati jefri al bukhari di madinah, dan jefri al bukhari senantiasa memberikan hadiah untuk ustadz syafiq, kami pernah tanya ke ustadz syafiq tentang barang baru yang dimiliki beliau, beliau menjawab "ini hadiah dari jefri".

Insya Allah khabar ini Tsiqat (dipercaya) dan teman ana Ustadz Abu Nizar adalah alumnus hadits di univ.madinah dan sekarang sama-sama bernaung di sebuah ma'had dengan saya, Setiap manusia tentu ada proses untuk berubah,dan menuju perubahan itu tidak langsung berubah seluruhnya tentu bertahap, terlebih seorang tersebut sudah menjadi tokoh, dan Allah adalah Rabb yang maha pengampun.

Begitupun kita melihat Ustadz Jefri al Bukhari -rahimahullah- semoga Allah mengampuni segala kesalahannya, tentu beliau ada niat untuk berubah dalam hal manhaj yakni tengah berusaha menuju manhaj salaf, dan dengan ketsiqahan khabar diatas pasti mempunyai efek / pengaruh dikehidupan ustadz jefri sebelum ia wafat dan tanda-tanda beliau untuk berusaha untuk ruju' ke salaf terlihat dimedia :

1. Ustadz Jefri mengurangi bahkan sudah jarang muncul di televisi.
2. Ustadz Jefri ingin kembali kepada agama Allah yang murni.

Pada web : http://hot.detik.com/read/2013/04/26/121549/2231225/230/opick-uje-ingin-kembali-kepada-allah-dengan-murni?hd771104bcj

Salah tokoh pesohor di negeri ini Opick mengungkapkan :

"Dia bilang akhir-akhir ini agak aneh, dia merasa dirinya sangat banyak dosa, kekurangan. Saya menangkap ada ruang tobat yang besar dipenghujung hidupnya. Ingin kembali kapada Allah dengan murni," ungkapnya.

Uje sebelumnya memang mengaku ingin berhenti berceremah. Ternyata hal itu juga sempat diutarakannya kepada Opick.

"Ada kegelisahan dia, saya menangkap ini hal luar biasa. Kita semua berdua," ujarnya.

Sebagaimana kita lihat di media, mema

3.Ustadz Jefri mau pensiun dini untuk berdakwah.

http://hot.detik.com/read/2013/04/26/122938/2231238/230/ini-alasan-uje-ingin-berhenti-ceramah?991104topnews
Uje berkata :
"Kalau saya terus ceramah, terus siapa yang ceramahin saya? Ada kegelisahan dia. Saya menangkap ini hal luar biasa," kisah Opick.

Sebelumnya adik Uje, Fajar Sidiq juga menuturkan sang kakak memang pernah bilang kepada dirinya niat berhenti berdakwah. "Gue mau istirahat, ceramah sudah capek," ungkap Fajar menirukan ucapan Uje.

Terlepas dari segala kesalahan yang terdapat dari diri Uje, tentu dari segala kesalahan itu menuju perubahan sebagaimana Al Imam Al Ghazali rahimahullah yang beliau malang melintang didunia tasawuf diakhir hayatnya beliau ruju' kepada salaf, namun ajal tak lamakemudian menjemputnya sehingga cita-cita beliau untuk meluruskan(membenahi)kesalahan karya nya yakni kitab "ihya ulumuddin" tidak tercapai.

Semoga Allah senantiasa menjaga diri kita, keluarga kita serta keturunan kita untuk beristiqamah pada ajaranNya. sebagaimana Wasiat Ali Bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu :

"Aku berwasiat kepada kalian, wahai hamba-hamba Allah agar kalian bertaqwa padaNya, Dia telah membuat perumpamaan bagi kalian, menetapkan ajal bagi kalian, memberikan telinga yang kalian mengerti maksudnya, memberi kalian mata yang kalian mengerti maksudnya,memberi kalian hati yang kalian mengerti maksudnya, sungguh Allah tidaklah menciptakan kalian dengan sia-sia, dan tidak menghentikan peringataNya dari kalian, Allah memuliakan kalian dengan nikmat yang melimpah, dan Dia menyiapkan balasan untuk kalian , maka bertaqwalah dijalan Allah, bertaqwalah dijalan Allah wahai hamba-hamba ALLAH."[ash habur Rasul shalalallahu alaihi wa sallam ;mahmud al mishri].

Oleh: Ustadz Abu Usaamah Sufyan

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis