Cara Meningkatkan Penjualan Online

Tips Cara Meningkatkan Penjualan Online


Berjualan secara online adalah alternatif murah untuk meraup pundi-pundi keuntungan, tentu saja harus mengetahui cara meningkatkan penjualan online. Namun kenyataannya banyak toko online tidak optimal dalam memasarkan produknya, bahkan menggaet pengunjungpun kesulitan. Ujung-ujungnya penjualan sepi dan secara garis baris toko online gulung tikar.

Ditahun 2014 ini pasar online tumbuh pesat dan banyak kompetisi karena semakin banyak orang beralih berbelanja di toko online untuk mempersingkat waktu. Terlebih lagi saat ini meningkatnya penjualan smartphone yang secara garis besar banyak pengguna berinteraksi dengan sosial media. Nah, disinilah diperlukan adanya cara untuk meningkatkan penjualan online.

Saya mengibaratkan penjualan online hampir sama dengan penjualan offline walau secara teknisnya berbeda. Kita lihat, ketika jualan offline yang perlu kita sasar mungkin adalah letaknya yang strategis, varisai produk, membuat papan nama, sebar brosur dan lain-lain. Sama halnya dengan penjualan online, sebagus apapun produk dan desain tapi jika salah penerapannya maka akan sia-sia.

Disamping mengetahui cara meningkatkan penjualan online kita juga harus memahami kesalahan-kesalahan yang banyak dilakukan oleh sebagian teman-teman kita. Ambil contoh kecil adalah melakukan spaming komentar di group-group secara ilegal dan mendongkrak visitor dengan cara blackhate seo. Maka dari itu sobat, silahkan simak tips cara meningkatkan penjualan online dengan mudah.

Meningkatkan Penjualan online Melalui Media Sosial
tips meningkatkan penjualan melalui facebook

Posting status setiap hari untuk memberi informasi kepada pelanggan, sosial media ibarat sebagai jembatan untuk menghubungkan pengunjung ke toko online kita. Semisal Facebook Commerce, kita bisa membuat fan page facebook dan menjaring banyaknya like. Dalam menggunakan fan page kita dituntut kreatif untuk update status dan berinteraksi dengan pengikut. Untuk lebih meringkas waktu dalam penjualan online via facebook sobat bisa membaca pada artikel saya yang berjudul: Tips Jualan Facebook untuk Pemula

Facebook merupakan platform sosial media terbesar karena lebih dari 60 % pengguna toko online menggunakan efek viral marketing dari facebook. Lihat gambaran singkatnya yang dari penjelasan lakubgt.com



Dan ada sebagian kasus yang saya temui dari pelaku bisnis online, mereka berhasil meningkatkan penjualannya tanpa mempunyai toko online. Nah dari sini kita kita bisa menggunakan berbagai macam media dari sosial media, seo, iklan tentunya akan lebih berpeluang memperoleh keberhasilan dalam bisnis online.

Dalam penjualan online di media sosial tidak hanya difacebook, ada banyak sosial media lainnya seperti twitter.com, pinterest.com, atau di google plus.

Meningkatkan Penjualan Melalui MarketPlace

Disamping itu untuk cara meningkatkan penjualan online kita bisa melakukan di forum-forum komunitas. Jika kita telah berhasil berjualan diforum maka banyak member lain akan merekomendasikan produk kira, dan tentu saja akan meningkatkan viral promosi dan kepercayaan pelanggan.

Hal yang mudah kita lakukan ketika membuka akun di marketplace adalah membuat toko online murah . Sudah banyak e-comerse yang menyediakan sub.domain salah satunya adalah lakubgt.com.
cara meningkatkan penjualan online

Lakubgt.com memberikan fitur-fitus bagus untuk meningkatkan penjualan kita, fitur unggulan berupa optimasi facebook commerse hingga program affiliasi toko online.

Tingkatkan Jualan Online dengan SEO (Search Engine Optimization)
meningkatkan penjualan dengan cara seo

Dalam dunia online seo begitu penting untuk meningkatkan penjualan. Sebagaimana yang saya singgung diatas bahwa toko online hampir sama dengan toko offline. Jadi walaupun tampilan situs kita bagus tapi jika tidak ada pengunjung artinya percuma saja.

Sebagian besar pengguna internet mencari keinginan mereka melalui google, kemudian lebih dari 80% pengguna mengklik situs pada halaman pertama. Dan dipastikan jika situs kita tidak tampil pada halaman pertama, kedua, ketiga..lalu darimana datangnya visitor?

Dengan menerapkan teknik SEO toko online kita mudah ditemukan oleh google atau yahoo.com. Memang dibutuhkan keterampilan menguasi SEO karena alur kerjanya selalu mengikuti update algoritma google. Jika Anda kesulitan bisa menggunakan jasa SEO.

Meningkatkan Penjualan Melalui Melalui PPC

Disini kita dituntut mengeluarkan budget untuk mengoptimalakan penjualan online melalui PPC (Pay Per Click). Yang populer menggunakan google adwords, facebook ads atau PPC lokal yang menawarkan harga murah.

Meningkatkan Penjualan Melalui Email Marketing

Email marketing sedikit banyak mempengaruhi penjualan online. Kita tahu bahwa email begitu utama bagi pengguna internet yang menghubungkan dengan berbagai akun media sosial dan akun-akun situs lainnya. Untuk mendapatkan email kita bisa memasang widget newsletter agar mereka bisa berlanggaran email setiap kita update produk, atau dengan cara lain.
cara meningkatkan penjualan melalui email marketing

Potensi orang membaca email kita lebih besar tatkala judul email meyakinkan, untuk menarik mereka berikan sebuah kupon diskon, menyertakan alamat jelas dan jangan lupa beri pilihan unsubscribe untuk mempermudah pelanggan berhenti dari email. Dan pastikan tidak mengirim email setiap hari kepada pelanggan, karena akan mengganggu lalu lintas email.

Meningkatkan Penjualan dengan Menambahkan Video 

Mesin pencari yang paling populer setelah google adalah youtube sebuah channel untuk upload video.

Video menjadi media informatif untuk membangun kepercayaan pelanggan. Pesan yang disampaikan akan lebih terasa jika video ini diletakkan pada halaman web. Beberapa hal penting ketika membuat paling tidak mewakili pertanyaan penting berikut ini:
  1. Siapa kita
  2. Apa yang harus dilakukan
  3. Dan mengapa harus menggunakan produk kita?
Menarik pengunjung dengan memperbagus website kita.

Nah, saya kira ini yang penting tatkala membuat toko online. Sama halnya  toko-toko dipinggir jalan, tentu pemiliknya akan mengurus toko tersebut bagaimana caranya. Mulai dari melihat kebersihan toko, pemilihan warna cat, letak rak-rak barang dan lain-lain.

Perlakuan toko online kurang lebih sama juga, berikut ini kita akan jelaskan secara sederhana.

1. Memilih Desain web yang elegant

Setiap web toko online mempunyai corak tersendiri dan menyesuaikan pangsa pasar. Desain-desain minimalis dan elegant bisa kita pakai agar pengunjung betah berlama-lama di toko oline kita. Jangan pernah memilih warna yang membuat mata  terasa sakit karena pengunjung akan akan enggan berkunjung kembali.

2. Buat toko online lebih responsive

Kita tahu pengguna internet saat ini menggunakan perangkat mobile. Hal ini terjadi karena meningkatkan penjualan smartphone dan tablet di setiap negara. Pada saat yang sama monitor komputer terasa semakin besar dan saat ini orang butuh sesuatu yang simpel dan sederhana.

Sehingga mau tidak mau tampilan website kita harus responsive, agar memudahkan browser para pengguna smartphone.

Cara cepat dan mudah untuk mengetahui apakah desain responsive memang diperlukan bagi toko online kita adalah dengan melihat statistik di Google Analytics. Caranya buka google analystics lalu ke menu Audiens / Mobile / Ikhtisar disana kita akan melihat penggunjung toko online melalui desktop, mobile dan pengguna tablet.

Disamping itu desain responsive lebih meningkatkan SEO

3. Menyederhanakan Navigasi Widget

Secara default navigasi situs berada di sidebar kanan. Usahakan dalam sidebar tersebut menampil informasi-informasi penting dalam toko online kita. Misal:  profil alamat lengkap, kategori,  produk-produk pilihan dan semisal. Hindari widget-widget banyak pop up yang mengganggu pengguna, terkecuali kalau situs online Anda banyak loyal visitor.

Dan banyak lagi bagaimana menarik pengunjung agar merasa nyaman dengan tampilan situs kita.

Pelayanan yang Bagus Bukti Meningkatkan Penjualan Online

Ini jurus pamungkas kita untuk meningkatkan pelayanan pelanggan online. Pelayanan konsumen menjadi motor penggerak sebagai referral marketing. Sebagai contoh jika ada pelanggan merasa puas pada pelayanan Anda maka minimal dia akan kembali lagi berbelanja pada toko online Anda. Bahkan bisa jadi pelanggan Anda tersebut menjadi referral getok tular dengan menceritakan kepada teman-temannya, keluarganya, koleganya tentang toko online Anda.

Cara meningkatkan penjualan online bisa berkembang seiring trends internet, kita bisa mengembangkan sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Selamat mencoba dan raih pendapatan online Anda !!!

Comments

Popular posts from this blog

Arti Dari Mumet

Cari Wanita yang Bisa di Poligami, Inilah orangnya !!

Apa Hukum Menjadi Tukang Parkir?