Bolehkah Wanita Bekerja?

Ada polemik sebagian orang yg belajar agama, mereka memutlakkan kalau wanita tidak boleh bekerja, padahal Islam membolehkan mereka bekerja dengan syarat-syarat tertentu semisal terhindar dari ikhtilat, atas ridho suami dll.. berikut ini diskusi yang saya ikuti di PM Fatwa:

Assalamu'alaikum ustadz, mohon nasihatnya

Ada seorang akhwat, lulusan teknik dari salah satu universitas terkenal, berasal dari keluarga yang tergolong mampu, belum bekerja, dan belum menikah. Orang tuanya ingin ia bekerja dan sukses berkarir, jadi ia tetap melamar kerja untuk menyenangkan hati orang tuanya, tetapi sebenarnya ia tidak ingin bekerja, ia ingin tetap di rumah dan lebih fokus belajar agama, karena ia merasa sangat bodoh dalam urusan agama dan ingin mempersiapkan diri menjadi seorang istri dan ibu rumah tangga.

Pertanyaannya, apakah salah sikap akhwat ini yang tidak ingin bekerja? Karena orang tuanya kesal dengan sikapnya yang selama tiga bulan ini kerjaannya hanya baca buku agama, mendengarkan kajian, datang kajian, dan bantu-bantu orang tua, sedangkan orang tuanya ingin ia lebih serius mencari kerja.

Apakah salah sikap akhwat ini karena menyia-nyiakan ilmu tekniknya yang selama ini ia tekuni?

Tanggapan dari member milis:

1. Fulan: Berwirausaha saja bu.. Lakukan usaha yg bisa dilakukan d rumah.. Semisal jual on line dsb..
2. Fulan: yaa , bisnis online saja. coba cari mentornya.
mungkin bisa buka toko online dan melakukan kerjasama , dimana partnernya tersebut yg lebih dominan dlm menjalani bisnis. untuk melunakkan hati ortu.

Ada bbrp riwayat shahih bahwa para shahabiyat bekerja membantu perekonomian suaminya. tanpa melalaikan hak-hak Allah tentunya.

==
Tambahan dari saya, tidak ada halangan wanita untuk tidak bekerja..karena Ibunda Zainab binti Jahsy istri nabipun juga bekerja sebagai penjahit lihat kisahnya di:

http://kisahmuslim.com/zainab-wanita-yang-dinikahkan-langsung-oleh-allah/

Tapi yg jelas kerjanya ditimbang dulu baik buruknya..

Atau lebih amannya nikah dengan pria mapan hehehe

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis