Tips Menjadi Pedagang Sukses

Pedagang yang Penakut


Saya membaca tulisan saya, kalau dibaca saya pasti malu, karena tulisan saya hanya tulisan pemanis untuk pembaca.

Saya pernah menulis beberapa kiat memulai bisnis secara sederhara dan kendalanya.. Betapa bodohnya saya menulis tanpa praktek dl, yang kenyataannya saya juga dulu tidak sanggup melakukannya..

Dalam tulisan itu dikatakan salah satu kendala memulai bisnis adalah takut rugi..<= benerkan tulisannya motivasi banget

Jujur, kemudian diawal memulai usaha grosir kaos anak muslim akhirnya terjebak dengan tulisan sendiri.. waktu itu saya masih mikir-mikir nanti gimana ya kalau enggak laku, padahal sudah mengeluarkan modal sekian dan sekian..Akhirnya memang tidak laku beneran :v...

Dl saya coba bikin kaos sederhana yang perkiraan tidak butuh modal dibawah 1 juta. begitu proses cetak, badalahnya biaya bengkak menjadi lebih 2 juta... darimana duitnya? entahlah..

Karena masih sempit dalam berpikir, seakan menggampangkan banget bisnis ini..ngitungnya ngawur.. Modal 2 juta dapat kaos sekian PCS, dijual lagi harga kaos semuanya 3 juta...untung 1juta

Padahal.. jual kaos g seperti jual beras, menjual kaos itu butuh waktu dan pemasaran yang cepat..namanya masih pemula akhirnya kaos itu macet hanya beberapa PCS yang laku.. modal mandeg sampai disitu.. kaos mangkrak

Kemudian, saya langsung putar otak...bilang ke istri duit sisa kudu diputer lagi.. dah nanggung banget kecemplung bisnis gombal.. kemudian istri hunting cari produsen gamis anak-anak..

grosir gamis anak q-rana


Saya dan Istri sempat ragu...gimana ya kalau g laku lagi.. kami ucapkan bismillah... kami langsung kulakan dg modal seadanya ditambah sebagian besar duit gajian :( (ane mikirnya tuh duit belanja buat kulakan kalau g laku bisa makan beras raskin :v )

2 minggu berjalan, bisnis ini mulai ada nafasnya... alhamdulillah kaospun ikut habis terjual...

============

Lalu....mulai banyak reseller berdatangan... dan lucunya ada beberapa ibu-ibu mengalami hal yang sama dengan kami.."Takut Kalau Dagangannya Tidak Laku"

Pasalnya ketika melihat produk kami mereka sangat Ambisi ingin jualan... kulakanpun sampai selusin...duit udah dibayar..

Tapi besok-besoknya SMS, "Bu..kalau ternyata gamisnya g laku gimana? Boleh dikembalikan ya?"

"Atau retur dengan produk barunya"

Bahkan ada yg sudah bulan-bulan yang lalu ada reseller SMS

"Bu ini ada bberapa gamisnya yg belum laku, saya kembalikan ya.."

Kami selaku penjual memang kudu sabar menghadapai hal seperti ini..

Contoh diatas bukan hanya dalam berdangang baju, tapi dagang semuanya..pasti ada untung ruginya.

Makanya..jangan jadi pedagang kalau takut dagangan tidak laku :v

Comments

Popular posts from this blog

Arti Dari Mumet

Cari Wanita yang Bisa di Poligami, Inilah orangnya !!

Apa Hukum Menjadi Tukang Parkir?