Siapa Abu Sayyaf?

Abu Sayyaf?


Saat ini ada sekitar 10 WNI yang disandera Abu Sayyaf. Info yang beredar Abu Sayyaf meminta uang tebusan kepada perusahaan tempat WNI ini bekerja. 

Lalu siapa sebenarnya Abu Sayyaf ini, apakah dia nama orang?

Baik, Mbah akan carikan informasi buat kalian yak

Abu Sayyaf kalau dalam bahasa arab ابو سياف yang berarti Bapaknya Pendekar / Bapaknya Algojo

سياف diambil dari kata سيف [Pedang]

Okey, diatas kalau menurut bahasa, kita akan lihat secara jauh gerakan ini.

Sebagaimana dikutip dari CNN, Analis keamanan internasional Prof. Rommel Banlaoi menjelaskan, 

Abu Sayyaf dalam bahasa Arab yang berarti "Bapak Pendekar" dibentuk pada awal 1990-an melalui kepemimpinan Abdurajak Janjalani, tokoh Ulama karismatik dari Basilan.

Setelah belajar di Timur Tengah di mana ia konon bertemu dengan pimpinan Al-Qaeda, Osama Bin Laden, Janjalani membuat kelompok yang memisahkan diri dari gerakan pendirian negara Islam yang lebih besar  yaitu Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF).

Ini menandai kelahiran ASG (Abu Sayyaf Group) tahun 1993, menurut narasi ASG sendiri sejarahnya dianeksasi dalam buku Banlaoi ini, Al-Harakatul Al Islamiyyah: Esai dari Abu Sayyaf  (Lihat: http://pipvtr.com/pipvtr/files/Book_AHAI_Essays_on_ASG_Book_Banlaoi_2008.pdf)

Nama asli ASG adalah Al-Harakat Al Islamiyyah atau "Gerakan Islam," tetapi Janjalani memberi nama Abu Sayyaf sendiri untuk menghormati muhajidin Afganistan Abdul Rasul Sayyaf.

Janjalani meninggal ketika terjadi baku tembak dengan pasukan Filipina tahun 1998 di Basilan, kemudian ASG melakukan penculikan massal guru-guru sekolah di Tumahubong Basilan.

ASG kemudian pecah menjadi dua faksi: Satu dipimpin oleh adiknya Janjalani yang bernama Khadafi Abubakar Janjalani, dan yang lainnya dipimpin oleh seorang komandan bernama Galib Andang.

Pada bulan September 2006, Abu Bakar Janjalani muda tewas dalam sebuah pertempuran dengan Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) sementara Andang ditangkap pada tahun 2003 - dan kemudian tewas dalam pada tahun 2005.

Sejak itu, masih belum jelas apakah ada pemimpin tunggal gerakan ini..

Apa Abu Sayyaf inginkan?


Sejak awal, Janjalani bersama dengan mantan anggota MNLF, ingin mendirikan sebuah negara Islam merdeka di Mindanao.

Meskipun ideologi jihad Janjalani berpikir MNLF terlalu moderat dan berkompromi dengan pemerintah Filipina. Dan akhirnya ingin mendirikan gerakan sendiri yang sekarang bernama Abu Sayyaf.

Pada tahun 2014 ada sebuah video yang tidak jelas pengirimnya mengatakan Abu Sayyaf baghdady.

Tidak pasti berapa jumlah personel kelompok ini, namun pihak intelejen Australi membocorkan ada sekitar 400 anggota Abu Sayyaf

Berikut ini info grafik dari Global Terorisme Database (GTD) berisi 340 insiden yang dilakukan oleh ASG dari tahun 1990-an sampai dengan Desember 2014.


GTD adalah database yang komprehensif tentang kegiatan teroris global yang dikumpulkan oleh Konsorsium Nasional AS untuk Studi Terorisme dan Responses to Terorisme (START).

Pada bulan April 2000, ASG melakukan serangan internasional pertamanya, menculik 21 orang dari sebuah resor menyelam di pulau Sipadan di Malaysia.

  1. Mei 2001. Diculik tiga warga Amerika dan 17 warga Filipina dari sebuah resor di Palawan, membunuh beberapa sandera.
  2. 27 Februari 2014. Dibom feri di Manila Bay, menewaskan 16
  3. 14 Februari 2005. Dilakukan bom simultan di Manila, General Santos dan kota Davao, menewaskan sedikitnya delapan orang dan melukai sekitar 150
  4. Juli 2007. ASG dan anggota MILF bertempur dengan Marinir Filipina di Basilan Island, membunuh 14 anggota 
  5. November 2007.Suspected ASG menanam bom di luar DPR, menewaskan satu anggota parlemen dan tiga anggota staf
  6. Januari 2009. Diculik tiga pekerja Palang Merah Internasional di Sulu
  7. Dan yang terbaru saat ini, ASG menyandera 10 WNI kru kapal Brahma 12 yang yang meminta tebusan 15 miliar.
MbahGimun ndapuk Jurnalistik

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis