Guyonan yang Dianggap Serius dalam Islam

Hikmah Guyonan


Suatu kali saya pernah update foto si kecil dg gaya yg gemesin dg memakai hijab..

Kemudian saya memberi keterangan foto itu dg maksud bercanda, "Lagi nunggu calon menantu nih.."

Kemudian teman-teman fb ku pada komen...

'alla kulli hal...

Esok harinya saya ketemu ustadz Aris Munandar.. kemudian ngobrol2..tak di sangka kemudian beliau tanya siapa foto yg saya update..
"Itu foto si kecil tadz..."

Kemudian beliau menjawab...
Ati-ati loh guyonan seperti itu.. nanti tanpa sadar kamu punya menantu beneran walaupun anakmu masih kecil

Sayapun kaget.. dan agak gusar..

"Kok bisa tadz?"

Bisa aja misalnya kawanmu bilang "saya siap jadi mantu loh' kemudian kamu jawab "ya udah kamu jadi mantuku..' Walau itu guyonan maka sudah sah anakmu jadi istri kawanmu itu..

Kemudian beliau membawakan hadis dibawah ini..

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثٌ جِدُّهُنَّ جِدٌّ وَهَزْلُهُنَّ جِدٌّ النِّكَاحُ وَالطَّلاَقُ وَالرَّجْعَةُ

“Tiga perkara yang serius dan bercandanya sama-sama dianggap serius: nikah, talak, dan rujuk”.

Dan alhamdulillah saya langsung menghapus foto itu..dan semenjak itu saya selalu berpikir sejenak sebelum update status dg menimbang maslahat dan mudharatnya..

Ohya dan belajr agama itu sangat penting..dan kita butuh pembimbing..toh walaupun kadang kita berkali-kali mendengar kajian maupun hadis, kadang kita masih saja ada hal yg luput darinya...maka tetaplah beri peringatan

Kediri, 11 Juli 2016

Ditulis sambil nungguin emak blonjo

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Hot Bu Guru dengan Muridnya

Cerita Istri Selingkuh Saat Suami Bekerja, Petaka SMS dengan Lawan Jenis