Kenangan Jambu Monyet

Jambu Monyet

jambu monyet jambu mete


Waktu kecil, buah ini merupakan bagian dari sejarah dari mbah, mungkin juga kamu.

Jambu monyet, kalau di daerah saya bernama jambu menthe (mete). Dulu dan dulu sekali sebelum era PS, masa kecil kami berkutat di bawah jambu mete, kebetulan di belakang rumah ada pohonnya.
Suatu hal yang mbah ingat, sebuah mitos dari anak-anak di zaman itu, jika kita durhaka kepada orang tua nanti di akhirat akan di rubah seperti jambu menthe, kepalanya di gantung dibawah dan disiksa api neraka. Merinding jika mendengarnya waktu itu.. dan itu berpengaruh pada sikap anak kepada orang tuanya mereka lebih andab asor. Namun dikemudian hari ketika mbah sudah dewasa, cerita anak durhaka yg dirubah seperti jambu monyet adalah kisah palsu dan churafat. :v

Kisah-kisah semacam ini mengingatkan mbah pada kisah leluhur atau para wali yang kalau dipikir memang tidak masuk akal, namun cerita "churafat" berpengaruh pada ke sakralan adab-adab masyarakat. Namun kelemahannnya pada kisah2 sepeti itu ketika dijadikan sudut pandang taklid dan standar kebenaran.

Dulu dimasa mbah, jambu mete ini mempunyai biji yang di sebut "MENTOR" menjadi camilan favorit, mbah ngumpulin bijinya lalu di bawa pulang. Ketika emak menanak nasi pakai tungku kayu, mbah melempar satu2 mentor tersebut. Sampai kadang emak marah-marah apinya hampir padam :v karena satu plastik mentor mbah masukkan ke dalam tungku.

Saya menunggu kulit mentor hingga gosong di perapian, setelah selesai saya kepruki pakai batu, kemudian kami cungkili isinya..kadang dalamnya (seperti kacang) ikut gosong dan kami lahap juga.
Dari gigi dan bibir ikut hitam karena mengunyah "mentor" yang hampir jadi arang..
Subhanallah masa indah waktu itu, dan sungguh mbah jarang mendapati anak2 sekarang kecuali mereka makan roti dan susu.

Ada kisah lagi tentang jambu mete ini, yaitu getahnya..ya getah jambu mete ini sangat keras, kalau kena kulit bisa gatal dan mengakibatkan mborok..biasanya teman2 yg gragas bibirnya memprengen :v , dan dinatara kenalakan kami getah ini dijadikan tato tatoan..caranya getah di oles di kulit dengan motif, 2 hari kemudian kulit bernanah, setelah itu mborok, 4-5 harian kering.. nah bekas luka itu akan membentuk sesuai dengan motif yg di inginkan.

So, kenangan #jambu_mete #mentor #jambu_monyet

Comments

Popular posts from this blog

Arti Dari Mumet

Cari Wanita yang Bisa di Poligami, Inilah orangnya !!

Apa Hukum Menjadi Tukang Parkir?